Elysium,

Tuesday, September 10, 2013 Standy Christianto 0 Comments

Elysium adalah masuk akal. Ia bisa muncul dalam keyakinan juga kebutuhan. Keyakinan atas  dirinya sendiri tentang sebuah kebutuhan atau keinginan. Elysium adalah dunia di atas sana yang seakan memberikan semuanya serba enak. Elyisum bak sorga dalam kitab suci. Ada dunia tinggal tunjuk kemudian muncul begitu saja.

Elysium adalah legenda Yunani, saya tidak persis tahu. Namun saya memahami ada konsep menarik dari dunia lain yang menawarkan kebahagiaan. Kebahagiaan yang datang dari keinginan manusia untuk sesuatu. Manusia mana yang tidak ingin serba senang dan enak.  Elysium lahir karena keinginan akan kebahagiaan dan kesenangan.

Tiba – tiba saya teringat Platon, ketika ia bicara soal kesuksesan.Kesuksesan yang tidak seperti hari – hari yang saya dengar dari acara motivasi. Ia berpikir sederhana dengan arti sukses, bila manusia jaman ini mendefinisikan sukses sesuatu yang membebankan, baginya sukses adalah kebebasan berpikir manusia dalam menentukan pilihannya. Pikirannnya tidak direduksi oleh orang lain, apalagi  tereduksi dengan acara sinetron berisi kemewahan.

Bukan karena Platon tidak pernah menonton televisi. Tapi karena ia mengerti kehendak manusia begitu liar dengan segala justifikasi dari orang lain. Ia memahami kebutuhan manusia dengan cara yang sederhana. Manusia hanya perlu kebebasan berpikir.

Bukankah setiap orang bebas membuat elysiumnya sendiri ?

Saya membuat elysium di kamar yang baru. Saya menata buku – buku yang belum selesai dibaca di sudut kamar.  Saya menikmati udara dingin pagi yang begitu menusuk. Saya bisa bermimpi bebas dengan tanpa bising kendaraan bermotor. Buat saya itu elysium.

Elyisum masuk akal jika kita mau membuatnya sendiri.

Elysium tidak saya temukan di resensi film atau di jaman Platon. Saya temukan Elysium dalam sebuah ruangan kumpulan para perempuan yang harus hidup dengan virus mematikan. Virus yang tidak bisa disembuhkan. Perempuan yang tinggal menunggu ajal. Ibu yang bergulat memikirkan dirinya dan anaknya. bagi seorang perempuan seperti ini, Elysium begitu dekat dan lekat.

Mereka terdiri dari wanita yang berbagai profesi  mulai dari guru, wiraswata, ibu rumah tangga, sampai  pekerja seks yang usia puluhan tahun sampai Pekerja seks yang uzur.  Buat mereka elysium begitu sederhana. Dimulai dari dua pertanyaan : Apa yang masa lalu yang berkesan buat mereka dan apa yang akan mereka harapkan kelak?




Elysium - Elysium 
Elysium dari Seorang wanita Pekerja Seks

Elysium begitu sederhana

masa lalu dan masa depan

Pengin uang banyak buat bikin gerobak

Pertama kali menjadi seorang ibu

You Might Also Like

0 komentar: