Memahami BELANDA dari TOILET

Sunday, May 13, 2012 Standy Christianto 0 Comments


Mahatma Gandhi pernah berujar  “alam bisa menyediakan seluruh kehidupan manusia, tapi tidak untuk keserakahannya”. Bumi semakin tua, manusia makin bertambah, dan sumber daya energi terkuras habis – habisan. Lalu pertanyaannya, Bagaimana manusia melangsungkan kehidupannya ?

Proses berpikir  kreatif  adalah mengubah sesuatu yang sebelah mata menjadi bermakna. Siapa sangka, suatu hari nanti, kehidupan manusia akan bergantung pada hal yang tidak pernah kita bayangkan yaitu : AIR KENCING !

Akhir – akhir ini, kita sedang berkutat dengan bahan bakar yang kian melambung tinggi. Beberapa waktu lalu, Gas air mata dan lemparan batu bersahutan di depan Gedung DPR RI. Ribuan demonstran mahasiswa dan buruh tumpah ke jalan, menentang rencana kenaikan harga BBM bersubsidi.

Di tengah keriuhan itu, Di Universitas Teknologi Delft, Belanda dan lembaga penelitian DHV telah mengembangkan teknologi pemrosesan urin sebagai  energi terbarukan pengganti BBM. Ya, itu air kencing ! Dialah Johan Molenbroek dari TU Delft sebagai perancang industrial[1] .

Johan Molenbroek


Di belanda sendiri, toilet pernah menjadi perbincangan panas. Gara – garanya kereta api nasional Belanda tidak ingin menggunakan Toilet di Kereta, baik kereta jarak dekat ataupun jarak jauh. Alasannya, Menteri Transportasi mengklaim bahwa menambahkan toilet untuk 131 kereta akan jauh terlalu mahal, setara lebih dari $ 125 juta [2] Sebagai penggantinya akan disediakan kantong plastik khusus. Tapi ....


LIHAT INI 
Perhatikan : ada GAMBAR Anjing sedang PUP !
Beberapa tempat umum Belanda ada benda itu. Ya, Ini adalah toilet khusus anjing[3] Ini menunjukkan Belanda sangat memperhatikan urusan buang hajat.

Kembali ke Doktor Johan Molenbroek. Ide urin menjadi bahan bakar berawal dari keprihatinannya terhadap dunia. Menurutnya, ada 2,6 miliar orang yang  punya toilet yang tidak memenuhi syarat.

Urine mengandung senyawa amonia. Jika dipanaskan secara perlahan, urine akan berubah menjadi gas amonia. Gas tersebut dapat dimasukkan ke dalam sel bahan bakar (fuel cell), sejenis generator, dan kemudian digunakan untuk menghasilkan listrik[4]

Kalau Energi listrik yang dihasilkan dari Air kencing, kita tidak perlu khawatir HABIS

Ide membuat toilet masa depan ini disambut baik oleh Bill Gates Foundation - dengan moto Reinventing the Toilet –  yang menggelar sayembara untuk universitas yang punya ide terbaik untuk toilet 2.0. Yayasan milik mantan bos Microsoft ini menyediakan 42 juta dolar untuk delapan ide terbaik. Gayung pun bersambut. Konversi urin menjadi BBM menjadi salah satu pemenangnya.

Di Belanda sendiri, energi yang didapat dari urine telah memasok sebanyak 30.000 rumah. Itu pun hanya dari urine manusia. Menurut Johan Molenbroek, Jika “ produksi urine” ditingkatkan, maka akan pasokannya bisa bertambah lima kali lipat





Suatu saat nanti, Doktor Johan Molenbroek akan membuat sebuah wireless toilet yang bekerja tanpa air, tanpa listrik dan tanpa saluran pembuangan. Dan kotoran yang dibuang di sana tidak akan jadi sampah, melainkan energi dan air minum

TIDAK AKAN ADA LAGI
TOILET KHAS PINGGIR KALI. heheh

Yang ada seperti ini..

Orang  bijak bilang, kalau mau tahu keadaan suatu tempat, jangan lihat bagian utamanya. Tapi lihat bagian toiletnya. Ternyata  kreatifitas muncul dari tempat yang tidak terduga. Salut!!

-  Leder nadeel heb z'n voordeel -
- Setiap kekurangan memiliki kelebihannya, Peribahasa Belanda -









You Might Also Like

0 komentar: